Bromo, the beautiful sunrise

Lompat ke lima tahun yang lalu...Tahun 2010 kami berkesempatan untuk melakukan perjalanan mengunjungi Bromo dan sekitarnya. Berangkat dari Surabaya dan sempat menginap semalam, keesokan harinya kami berangkat ke Pandaan untuk persiapan naik ke Bromo pada dini hari.

Berangkat dini hari dari Pandaan menuju Bromo. Tiba di kaki gunung sekitar jam 3 pagi. Udara sangat dingin..kami sudah bersiap dengan baju tebal berikut sarung tangan dan topi. Mencari spot terbaik untuk menyaksikan terbitnya matahari dari balik Gunung Bromo..

Puas menikmati sinar malu-malunya dari balik gunung berkabut ini, kami kembali turun. Melalui jalan yang berliku tibalah kami di dataran berpasir di kaki Gunung Bromo. Dari sini kami menjelajah lautan pasir dengan menaiki kuda hingga ke ujung tangga yang mengarah ke kaldera Bromo.

Kuda hanya mengantar kami ke kaki gunung Bromo. Untuk naik dan melihat kaldera, kami harus menaiki ratusan anak tangga hingga ke puncak. Wow..!! Untuk yang kurang rajin olahraga macam saya, mendaki tangga ini cukup menguras cadangan oksigen...huuuh.. Namun tetap semangat...!

Finally...back on the land... Sampai lagi ke bawah..matahari mulai tinggi, padahal kulihat waktu baru menunjukkan pukul 9 kurang. Kami pun berhenti sejenak, mengagumi keindahan rangkaian gunung yang mengitari tempatku berdiri ini. Indonesia memang luar biasa pemandangan alamnya... Ada disini... saat ini...rasanya seperti bebas dan damai. Love my country so much... See you on next trip guys...