Bali, Beach..n beach..n beach

Let’s go to the beach, each
Let’s go get a wave
They say, what they gonna say?
Have a drink, clink, found the Bud Light......

Lagu Nicki Minaj terdengar sayup di telinga sambil mataku menatap cakrawala di kejauhan...
Bali... Pantai.. Dua hal tak terpisahkan.. Kali ini kita akan pergi menyusuri pantai pantai di Bali.... well, belum semua pantai namun beberapa cukup mewakili perjalanan kali ini...

Bulan Mei 2013... Seharusnya sudah memasuki musim panas, namun Bali saat itu masih berbaik hati memberikan keteduhan hujan yang turun di sore hari.. Perjalanan berawal dari Tanjung Benoa. Lokasi yang jadi sasaran para pecinta permainan air ini menyediakan beragam pilihan seperti banana  boat, parasailing, snorkeling dan diving, seawalker, flying donuts, jetski atau untuk yang sekedar ingin berlayar ke pulau penyu sambil melihat keindahan taman laut melalui glass boat juga tersedia.

Perjalanan kali ini aku ditemani dengan ibu dan putri tercinta. 3 generasi momma pergi bersama. Tidak terlalu minat dengan permainan air, akhirnya kami melanjutkan perjalanan ke pantai berikutnya.Hingga tibalah kami di Nusa Dua Complex. Kebanyakan pantai di daerah Nusa Dua ini merupakan private beach dari hotel atau resort yang ada. Jadi tidak sembarangan orang bisa masuk kecuali mereka tamu hotel yang bersangkutan. Namun tetap ada jalan menuju pantai yang bukan milik hotel, menurut info pantai ini biasanya diakses oleh penduduk lokal yang ingin berenang atau melakukan upacara di salah satu pura yang agak ke tengah laut. Jalan ke pura tersebut tidak terlihat bila laut sedang pasang.

Pantainya sepi dan bersih. Airnya dingin. Ada beberapa tepi pantai yang landai, namun ada juga bagian yang tidak disarankan untuk dibuat berenang. Karena pantainya tidak landai, dan saat pasang bagian ini cukup dalam. Di sisi lain Nusa Dua ini ada tempat hangout yang disebut Ocean Walk,  tampak deretan beach club dan resto, juga ada sarana bermain anak-anak, semacam outbound kecil.

Pantai ketiga yang akan kami kunjungi berada di Pecatu, New Kuta Beach, atau dulu lebih dikenal dengan Dreamland. Lokasi pantai ini berada di bawah bukit. Untuk mencapainya kita harus turun dari tempat parkir diatas, melewati tangga dari batu alam hingga mencapai pantai di bawah.  Bentuk pantainya cantik nian. Tampak dari atas seperti bersembunyi di balik jurang.

Arus disini cukup kuat. Apalagi sepertinya saat kami tiba disini cuaca mulai gelap, agaknya sebentar lagi akan hujan. Makan di beach club yang letaknya tepat diatas pantai ini, Klapa Beach Club namanya. Pemandangan dari tepi tebing tampak luar biasa....

Ada insiden kecil di Dreamland ini. Saat aku sedang bermain di pantai tiba-tiba datang ombak yang besar. Aku dan anakku lari ke arah payung-payung di pantai, namun air tetap mengejar.. Dan menelan satu korban kecil.... sebelah sepatu Tom's merah milik anakku pun terbawa ke tengah laut...hahahaaa....nice...

Hujan tidaklah lama, setelah reda kami berjalan lagi. Mengingat waktu menunjukkan jam 4 sore, sepertinya sudah waktnya untuk minum kopi atau teh... Dari sini kami berjalan ke Ayana Resort, di daerah Jimbaran. Sasaran kami saat itu mencoba ngopi di Rock Bar. Ternyata sampai di Ayana, Rock Bar masih ditutup untuk dibersihkan dulu karena tadi hujan deras.

It's okay, kita tetap bisa ngopi di resto lainnya. Dan saat kita sedang memilih pesanan, bukan hanya waitress cantik yang menemani, tetapi seekor burung dara putih pun ikut membantu memilihkan.. Disini banyak burung-burung kecil hinggap di pepohonan sekitar kolam ikan dan ada beberapa burung dara putih yang berjalan santai tanpa takut dipegang orang.

Sambil menunggu kopi dan snack datang, aku hunting lagi ke ujung Ayana Resort, Sunset Bar. Di kiri pendopo ada tangga. Aku pun mengikuti anak tangga itu hingga sampai di tangga paling bawah..oooh ternyata tangga ini menuntunku ke pantai berbatu yang indah. Subhanallah.... Hamparan batu karang yang tak beraturan ini membentuk satu harmoni yang sangat sangat indah...

Selepas sunset, kami kembali ke hotel untuk beristirahat. Sebelumnya kami mampir ke Warung Made di Kuta sejenak untuk makan malam. Hufftt.. Lelah juga badan ini pergi tour de beach seharian. Waktunya tidurrrr....

Hari berikutnya. Seharian ini ada undangan ngaben yang berlokasi di Ubud. Namun karena tema hari ini tentang pantai, jadi kita gak cerita tentang ngaben ya.. Nanti di cerita yang lain pasti akan ada cerita khusus soal ngaben dan cultural event lainnya. So, skip the ceremony.. kita langsung ke penghujung hari.

It's swimming time... Pantai terakhir sebelum pulang. Pantai WAJIB.. Pantai untuk bermain sampai puaas.. Kuta Beach... Main air, berenang, makan, shopping, main air lagi, makan lagi, ngopi trus pulang.... Yippeey.. That's really is a DAY OFF....

Lupa umur kan? Terakhir, mengejar sunset.. Dari sini view nya kurang bagus. Bergeser sedikit ke Seminyak. Tepatnya ke Potato Head sambil ngopi... Hmm.. lagi-lagi cuaca mendung berawan. Sunset kurang bisa terlihat jelas..

But still...warna kemerahan tetap bisa didapat dengan bantuan kecanggihan kamera. Nice photo hunting.. Bali...masih banyak lagi kisah disini. Tapi kita akan ketemu lagi di perjalanan berikut kan? Tunggu cerita Bali selanjutnya ya... See you next trip....